Apa Itu Lemari Arsip Mobile Shelving

Apa Itu Lemari Arsip Mobile Shelving – Saat ini banyak sekali lemari penyimpanan yang beredar dipasaran, berbagai bentuk dan ukuran yang ada bisa menjadi solusi penyimpanan anda, salah satu lemari yang populer dan banyak digunakan saat ini adalah lemari Mobile Shelving.

Apa itu lemari Mobile Shelving

Apa Itu Lemari Arsip Mobile ShelvingLemari Mobile Shelving merupakan jenis lemari untuk menyimpan dokumen atau arsip dalam kapasitas yang cukup banyak yang bisa bergerak dengan system manual ataupun otomatis.Pada umumnya lemari jenis ini terbuat dari bahan metal ataupun besi yang sangat kuat seperti lemari pada umumnya bentuk lemari ini seperti lemari biasa yaitu berbentuk persegi empat dengan jalur rel dibawahnya yang menjadi alas untuk penggerak lemari tersebut.

Ada beberapa nama lain dari lemari Mobile Shelving ini antara lain Mobile File System, Mobile Shelves, Mobile Shelving System, Lemari Arsip Dorong, ataupun lemari arsip gerak, yang pada dasarnya merujuk kepada sebuah lemari penyimpanan arsip yang mampu bergerak sepanjang rel yang disediakan.

Fungsi Lemari Mobile Shelving

Seperti lemari penyimpanan lainnya lemari Mobile Shelving ini mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan data / arsip / dokumen sebuah organisasi atau perusahaan. karena tingkat kepraktisannya maka lemari Mobile Shelving ini sangat diminati oleh para pengelola system kearsipan. Dalam hal kapasitas yang lebih besar dari lemari lainnya lemari jenis ini juga mempunyai system pengamanan yang cukup tinggi dibanding lemari lainnya, ini dikarenakan system penguncian dan penggunaan hak akses (Pada system elektronik) yang ada pada lemari jenis ini.

Apa Itu Lemari Arsip Mobile ShelvingLemari ini terdiri dari rangkaian lemari (Bay) yang berderet sejajar jadi satu unit lemari Mobile Shelving ini bisa terdiri dari banyak rangkaian lemari yang disesuaikan dengan luas dan ukuran ruangan penyimpanan. Dengan system geser one way maka bisa mengefisienkan kapasitas ruangan yang ada. beberapa sector yang sangat cocok menggunakan lemari jenis ini antara lain :

  • ┬áBidang kesehatan / Rumah sakit dan sejenisnya, Untuk media penyimpanan data pasien, rekam medis ataupun data penting lainnya.
  • Perusahaan atau Organisasi, Sebuah perusahaan yang sudah berjalan cukup lama biasanya mempunyai banyak sekali dokumen yang dihasilkan, ditambah lagi produktivitas dokumen perharinya yang sangat banyak membuat Perusahaan atau Organisasi membutuhkan lemari penyimpanan yang effisien dan aman.
  • Bidang Pendidikan, universitas ataupun sekolah tingkatan yang lain tentunya mempunyai banyak sekali Mahasiswa ataupun siswa tingkat lainnya. Semua data – data yang ada baik data siswa ataupun data lainnya bisa disimpan didalam lemari ini sehingga semua data fisik bisa terlindungi dengan baik.
  • Instansi pemerintahan, sebagai pusat layanan masyarakat tentunya instansi pemerintahan memiliki banyak sekali data-data untuk menunjang operasional mereka, entah itu data kemasyarakatan ataupun data internal instansi pemerintahan ini perlu dilindungi dan dilestarikan, dengan penggunaan lemari jenis ini selain kapasitasnya penyimpanan yang maksimal, lemari jenis ini juga bisa melindungi dokumen dari penyalahgunaan oknum-okunum yang tidak bertanggung jawab.

Sesuai dengan fungsinya maka lemari jenis ini bisa digunakan hampir disemua segmen yang terkait dengan pengelolaan dan penyimpanan dokumen, dikarenakan kapasitas dan effisiensi yang dimiliki lemari Mobile Shelving ini maka lemari jenis ini sangat banyak dipakai oleh beberapa perusahaan besar ataupun instansi lainnya.

One Reply to “Apa Itu Lemari Arsip Mobile Shelving”

Leave a Reply

Your email address will not be published.