Asas Dan Prinsip Pada Tata Ruang Kantor

Asas Dan Prinsip Pada Tata Ruang KantorAsas Dan Prinsip Pada Tata Ruang Kantor-Pada artikel terdahulu sudah dibahas mengenai apa itu Tata Ruang Kantor, dan untuk artikel kali ini akan dibahas mengenai Asas Dan Prinsip Pada Tata Ruang Kantor, dimana menurut Richard Muther terdapat empat asas agar mampu menciptakan ruang perkantoran yang rapi dan teratur, keempat asas tersebut antara lain :

  1. Asas jarak terpendek.
  2. Asas rangkaian kerja.
  3. Asas penggunaan segenap ruangan.
  4. Asas perubahan susunan tempat kerja.

Pada asas pertama dijelaskan mengenai jarak terpendek, dalam sebuah ruang perkantoran terkadang jarak yang ideal mampu memberikan manfaat yang sangat besar bagi proses kerja. Jarak yang dimaksud disini adalah jarak meja dengan lemari penyimpanan dokumen, jarak meja kerja satu dengan yang lainnya dan lain-lain. Pengaturan jarak yang sesuai akan mampu memberikan kemudahan bagi para karyawan untuk saling berkomunikasi masalah pekerjaan ataupun akses penggunaan dokumen yang terdapat dalam lemari penyimpanan dokumen yang cepat dan tepat. Semua hal tersebut jika dilkukan dengan tepat akan memberikan dampak yang sangat positif bagi perusahaan itu sendiri.

Asas Dan Prinsip Pada Tata Ruang KantorAsas yang kedua terkait dengan rangkaian kerja dimana pada umumnya dalam sebuah perusahaan memiliki banyak divisi yang saling terkait dan berurutan seperti pada proses pemesanan produk, dimulai dari terima order oleh divisi salesman, lalu masuk kedalam divisi adiministrasi kelengkapan order, berlanjut ke produksi, sampai ke pengiriman semua dilakukan oleh divisi yang berbeda-beda dengan satu tujuan yang sama, untuk itu diperlukan komunikasi yang intens dari semua divisi tersebut untuk mencapai tujuan bersama, dengan adanya tata letak yang sesuai maka setiap divisi akan saling berkomunikasi dengan mudah dan tepat mengenai proses kerja dalam perusahaan.

Asas ketiga yaitu penggunaan segenap ruangan, dalam sebuah perkantoran penggunaan ruang yang ada haruslah bersifat bermanfaat dan efisien dimana semua ruang yang tersedia harus bisa memberikan manfaat bagi para pekerja yang ada didalamnya. Semua ruang yang tersisa harus dimanfaatkan jika ada ruang yang kososng bisa dimanfaatkan untuk diletakan tanaman hias, aquarium dan lain sebagainya, sehingga hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh para karyawan untuk menikmati ruang kerja yang nyaman dan asri.

Asas keempat adalah perubahan susunan tempat kerja dimana pada asas ini mampu mempersiapkan perubahan ruang kerja dimasa mendatang seperti perluasan ruang, perubahan posisi dan letak peralatan kantor atau pun hal lainnya. Dengan meningkatnya pekerjaan dalam sebuah organisasi akan juga meningkatkan kebutuhan ruang oleh karena itu sebuah tata letak ruangan kantor yang baik mampu memberikan solusi dimasa mendatang mengenai penambahan ruang kerja baru.

Asas Dan Prinsip Pada Tata Ruang Kantor

Asas Dan Prinsip Pada Tata Ruang KantorSedangkan untuk prisip tata ruang perkantoran terdiri dari :

  • Pekerjaan harus selalu berjalan terus semaksimal mungkin dalam sebuah garis lurus.
  • Setiap divisi yang sering berkominikasi harus diletakan berdekatan untuk mengurangi waktu bepergian.
  • Alur pekerjaan yang sederhana dan mampu mengurangi hilir mudiknya pegawai untuk kegiatan penyampaian informasi.
  • Perlengkapan kantor yang mudah dijangkau oleh pegawai yang menggunakannnya.
  • Ukuran perabotan kantor yang sama dalam sebuah ruangan seperti kursi, meja, lemari arsip dll.
  • Penyusunan meja yang efektif dan aman dengan meletakan meja dibelakan sumber penerangan atau sumber cahaya.
  • bagian yang sering berhubungan dengan pihak luar diletakan di bagian paling depan.
  • Penyimpanan dokumen kerja yang mudah di jangkau oleh semua user.

Dengan memperhatikan asas dan prinsip pada tat ruang kantor maka suasana pekerjaan dikantor anda akan terlihat positif dan nyaman yang akan meningkatakan kinerja perusahaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *