Bidang Pekerjaan Seorang Arsiparis

Bidang Pekerjaan Seorang Arsiparis

Bidang Pekerjaan Seorang ArsiparisBidang Pekerjaan Seorang Arsiparis-Anda ingin menjadi seorang arsiparis ?, tentunya sebelum anda melangkah kedunia arsiparis yang sebenarnya diperlukan pemahaman mengenai apa itu arsiparis, apa saja ruang lingkup pekerjaannya, dan lain sebagainya.

Secara garis besar pekerjaan arsiparis adalah, Pegawai negeri sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pengelolaan kearsipan pada instansi pemerintah.

Pengesahan arsiparis sebagai jabatan yang fungsional tertuang dalam keputusan Menpan Nomor 36/1990 tanggal 12 mei pada tahun yang sama yaitu :

  • Arsiparis melaksanakan kegiatan kearsipan tidak terlepas dari pemahamannya terhadap konteks organik pada struktur administrasi dan pertanggungjawaban nasional kepada generasi mendatang;
  • Arsiparis melaksanakan pengkajian suatu sistem administrasi dan merumuskan suatu sistem pengaturan informasi pada arsip untuk menjamin efisiensi administrasi dan menjamin pengaman, penyelamatan pewarisan budaya nasional secara tepat informasi, tepat sasaran dan tepat waktu;
  • Arsiparis profesional harus memiliki ketrampilan mengatur endapan informasi dan wawasan keilmuan yang memungkinkannya untuk memberikan penilaian terhadap budaya yang perlu dilestarikan.

Bidang Pekerjaan

Bidang Pekerjaan Seorang Arsiparis

Sedangkan dalam hal bidang pekerjaan seorang arsiparis mempunyai beberapa hal sebagai berikut :

  • Mampu melaksanakan pelaksanaan administrasi pada suatu instansi yang merupakan rekaman informasi yang belum atau tidak dipublikasikan.
  • Mampu melakukan pengkajian antara system kearsipan dan system administrasi sehingga keduanya mampu bersinergi dengan baik.
  • Mampu mengklarifikasi kebenaran informasi yang ada didalam sebuah dokumen atau arsip.
  • Mampu menjaga kerahasiaan semua arsip yang ada dan memberikan perlindungan dalam berbagai cara dari upaya penyalahgunaan arsip itu sendiri.

Dalam hal tugas dan tanggung jawab, seorang arsiparis mempunyai kriteria sebagai berikut :

  • Mampu merancang dan mengembangkan sebuah system manajemen kearsipan yang tepat sesuai dengan kebutuhan suatu instansi.
  • Mampu mengelola informasi secara tepat dan profesional dan menjamin pertanggung jawaban secara efisien.
  • mampu melakukan kegiatan pembinaan dan pelaksanaan tatatertib kearsipan dalam sebuah struktur organisasi.
  • Perancangan publikasi arsip dalam mendukung kegiatan dalam organisasi.

Kebutuhan Dasar

Beberpa hal yang harus dimiliki jika seseorang ingin menjadi seorang arsiparis yaitu :

  • Memiliki kemampuan yang berhubungan dengan teknis dan keilmuan untuk menjamin efisiensi dan efektivitas pada kegiatan pengelolaan arsip secara langsung, serta pengamanan dan pelayanan informasi dalam tingkat tertinggi suatu efektivitas pelayanan.
  • Mempunyai pemahaman yang baik mengenai suatu system administrasi sehingga mampu membuat sebuah system pengelolaan kearsipan yang terkoneksi dengan beberapa divisi yang ada.
  • Mempunyai pemahaman yang baik mengenai prinsip-prinsip kearsipan  dan mampu menjabarkan konsep dan teori  kearsipan yang efisien dan mampu menerjemahkannya kedalam kegiatan pengelolaan kearsipan yang ada.
  • Mempunyai visi yang baik untuk mengikuti perkembangan teknologi dimasa mendatang, karena pada umumnya kegiatan arsiparis ini terkait pula dengan teknologi yang ada, sehingga pada masa mendatang dibutuhkan kejelian dalam menangkap perkembangan teknologi yang bisa diaplikasikan kedalam system yang sudah ada.

Beberapa jenjang seorang arsiparis didalam struktur organisasi yaitu antara lain Jabatan fungsional arsipari golongan II, Yakni asisten arsiparis Madya sampai ajun Arsiparis, kemudian golongan III merupakan jabatan ajun arsiparis Madya sampai  dengan Arsiparis Muda.

Kemudian untuk golongan IV merupakan jabatan fungsional arsiparis yaitu jabatan arsiparis Madya sampai arsiparis Utama yang berfungsi sebagai Pembina seluruh jabatan kearsipan dibawahnya dan juga mampu melaksanakan pengujian terhadap konsep kearsipan yang ada.

Semoga bermanfaat…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.