Desain Ergonomis Pada Office Furniture

Cepat lelah saat duduk di meja kantor, atau kurang nyaman saat mengerjakan pekerjaan kantor dikursi kerja?, bisa jadi hal tersebut dikarenakan belum adanya desain ergonomis pada produk office furniture tersebut sehingga kurang maksimalnya kenyamanan dan kemudahan bagi si pengguna.

Apa itu Desain Ergonomis ?

Desain Ergonomis Pada Office FurnitureErgonomi yang berasal dari bahasa yunani yaitu ergon (Kerja) dan nomos (Aturan), jadi pada dasarnya ergonomi merupakan praktek dalam mendesain peralatan dan rincian pekerjaan sesuai dengan kapabilitas pekerja dengan tujuan untuk mencegah cidera pada pekerja (OSHA, 200) sedangkan Ergonomis menurut kamus besar bahasa indonesia adalah : Yang mampu menjamin kenyamanan sepanjang jalan, jadi pada dasarnya kursi ergonomis merupakan kursi yang dirancang secara khusus  agar memenuhi kebutuhan duduk pengguna dengan aman dan nyaman yang biasanya dilengkapi dengan kelebihan yang tidak dipunyai oleh kursi biasa pada umumnya.

Dan dari sudut pandang seorang desainer furniture dapat digambarkan sebagai proses perhitungan yang dilakukan oleh desainer furniture untuk menentukan kontruksi yang pas dan sesuai sehingga produk yang dihasilkan akan sesuai dengan kondisi pengguna serta membantu memenuhi kebutuhan ataupun fungsi utama dari furniture tersebut.

Proses perhitungan yang dilakukan oleh seorang desain furniture ergonomis mengacu kepada berbagai posisi yang biasa digunakan pada saat menggunakan furniture tersebut, misalkan pada sebuah kursi maka acuan yang digunakan adalah posisi pengguna saat duduk membungkuk berputar dan posisi-posisi lain yang sering dilakukan pada saat seseorang duduk.

Nah melalui proses perhitungan tersebutlah maka akan didapat beberapa penyesuaian beberapa bentuk, ukuran, fitur yang ada pada ergonomis furniture ini untuk membuat pengguna semakin nyaman menggunakan furniture tersebut.

Desain Ergonomis Pada Office Furniture

Desain Ergonomis Pada Office FurnitureSebagai contoh Desain Ergonomis Pada Office Furniture dapat kita lihat pada penggunaan kursi kerja ergonomis beberapa kelebihan diantaranya :

  • Tinggi kursi yang dapat diatur sesuai keinginan, biasanya hal ini terkait dengan penggunaan meja sebagai pasangan kursi, posisi ketinggian meja merupakan acuan dalam menentukan seberapa tinggi atau rendahnya kursi yang akan kita atur, sehingga dengan posisi ketinggian kursi yang seimbang dengan meja maka kita akan dengan mudah melakukan aktivitas diatas meja tersebut.
  • Tingkat kemiringan kursi, pada kursi generasi pertama yang memang tegak dan kaku dan tidak Desain Ergonomis Pada Office Furniturefleksibel seringkali pengguna merasa cepat lelah akibat sandaran belakang terlalu tegak sehingga membuat tubuh terasa pegal, akan tetapi pada kursi ergonomis kemiringan sandaran belakang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan si pengguna. Pengguna bisa secara cepat dan mudah merubah sudut kemiringan kedepan atau kebelakang sesuai dengan keinginannya sendiri.
  • Sandaran tangan yang bisa disesuaikan, dalam hal ini sandaran kursi pada desain ergonomis juga meniru sandaran belakang yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Pada desain ergonomis sandaran tangan dapat diatur tinggi dan rendahnya sehingga dapat menyesuaikan dengan posisi tangan pengguna yang paling nyaman.
  • Sandaran leher, pada kursi ergonomis sandaran leher sudah pasti wajib disematkan pada fitur kursi ergonomis, dengan mengacu kepada kursi pada pengemudi mobil, kursi ergonomis juga mempunyai sandaran kepala yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan baik tinggi rendahnya maupun sudut kemiringannya.
  • Sandaran kaki yang nyaman, pada beberapa kursi ergonomis masa kini, fitur sandaran kaki sering kali disematkan pada kursi yang berlabel ergonomis, sandaran kaki yang bisa ditarik dan di masukan kedalam bagian bawah kursi menjadi salah satu fitur yang sering digunakan user pada saar melepas penat setelah berlama-lama dalam mengerjakan sesuatu diatas kursi tersebut.
  • Ada beberapa kursi ergonomis yang menggunakan roda berputar untuk membuat kursi menjadi lebih fleksibel bisa bergerak kesana kemari dalam skala yang kecil sehingga mampu membantu mobilitas seorang pekerja dalam mengerjakan pekerjaannya.

Pada dasarnya penggunaan kursi ergonomis ini mampu meningkatkan produktivitas dan kesehatan pekerja jika didalam penggunaannya sesuai dengan prosedur yang berlaku, betapa tidak selain memberikan kenyamanan pada pengguna kursi ini juga mampu memberikan beragam fungsi yang tidak ada pada kuris pada umumnya, dengan begitu seorang pekerja yang menggunakan kursi ergonomis ini akan mendapatkan banyak manfaat.

Terima Kasih…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.