Fungsi dan Tujuan Sarana Fasilitas Perkantoran

Fungsi dan Tujuan Sarana Fasilitas PerkantoranFungsi dan Tujuan Sarana Fasilitas Perkantoran-Sebuah organisasi dalam hal ini perkantoran mempunyai suatu proses kegiatan pengelolaan data dan informasi terkait dengan operasional organisasi sehari-hari, dimana kegiatan tersebut mempunyai tujuan untuk mencapai keberhasilan tugas dalam organisasi tersebut. Office work atau Clerical work merupakan pekerjaan kantor atau tata usaha kantor merupakan suatu kegiatan utamqa dalam suatu organisasi, atau yang biasa disebut Office management.

Office Management merupakan basis penting dalam berdirinya suatu oerusahaan dimana manajemen perkantoran ini dapat mernecanakan, mengorganisasi, dan mengkordiansikan sumber daya manusia, uang, metode dan material, mesin-mesin, dan pasar dalam pekerjaan kantor, dan yang tak kalah pentingnya mengarahkan dan mengawasi semua proses kegiatan agar berjalan dengan baik dan benar.Semua itu dilakukan agar tujuan organisasi bias tercapai dengan baik.

Ruang Lingkup manajemen perkantoran

1. Aktivitas Kantor

Aktivitas manajemen kantor mengandung pengertian yang sangat luas dan berbeda antar setiap badan usaha dan divisi.maka dapat di gambarkan bahwa semakin luas tujuan dari masing-masing badan usaha maka semakin pula jangkauan manajemen perkantoran tersebut. Adapun beberapa fungsi yang mencakup manajemen perkantoran berhubungan dengan aktivitas-aktivitas sebagai berikut.

  • Office Planning (Perencanaan Perkantoran)
  • Office Controling (Pengawasan perkantoran)
  • Office Organizing (Pengorganisasian perkantoran)

I. Office Planning (Perencanaan Perkantoran), meliputi perencanaan tentang :

a. Perencanaan tata letak gedung dan bentuk gedung.

b. Tata ruang kantor.

c. Penerangan.

d. Metode dan standarisasi pekerjaan kantor.

e. Perlengkapan dan peralatan kantor.

f. Anggaran perkantoran

II. Office Controling (Pengawasan perkantoran), antara lain mencakup :

a. Kualitas pekerjaan kantor.

b. Waktu atau jam kerja kantor.

c. Standarisasi pekerjaan kantor.

d. Biaya perkantoran.

e. Alat dan perlengkapan kantor.

f. Pelayanan kantor.

g. Pengawasan dokumentasi.

III. Office Organizing (Pengorganisasian perkantoran).

Merupakan bagian dimana manajemen menghubungkan berbagai macam fungsi suatu organisasi serta orang atau pelaksana yang melaksanakan fungsi-fungsi organisasi tersebut.

2. Sarana atau Fasilitas kerja perkantoran

Fungsi dan Tujuan Sarana Fasilitas PerkantoranBeberapa hal yang trkait dengan sarana dan fasilitas kantor merupakan salah satu asset darti perusahaan yang dapat menunjang kinerja operasional perusahaan, dalam hal ini meliputi :

  • Lokasi.
  • Gedung.
  • Peralatan merupakan semua peralatan yang menunjang kegiatan perusahaan seperti Office Furniture, Office Suplies.
  • Interior yang juga menjadi penunjang pelaksanaan kerja seperti ventilasi Udara, plafon, jendela, penerangan, serta hiasan kantor.
  • Mesin-Mesin kantor seperti, computer, printer, ataupun mesin spesifik yang mampu memproduksi sesuatu.

Jadi pada dasarnya Fungsi dan Tujuan Sarana Fasilitas Perkantoran mempunyai keberadaan yang sangat penting untukk berjalannya roda organisasi, karena Fungsi dan Tujuan Sarana Fasilitas Perkantoran merupakan syarat yang utam jika kita ingin mempunyai sebuah perusahaan yang kokoh dan kuat dalam fondasi maupun dalam hal proses kerja.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.