Jenis – Jenis Meja Perkantoran

Jenis - Jenis Meja PerkantoranJenis – Jenis Meja Perkantoran – Meja kantor merupakan salah satu office furniture yang wajib ada didalam skema tata ruang perkantoran, karena peralatan ini merupakan peralatan penunjang pekerjaaan yang paling sering digunakan oleh para karyawan untuk melakukan aktivitas pekerjaannya.

Mempunyai permukaan yang datar dimana pada umumnya bagian bawahnya disokong dengan empat buah kaki, meja ini berfungsi untuk meletakan peralatan penunjang pekerjaan lain seperti komputer, kertas dan lain sebagainya agar mudah digunakan dan dijangkau, untuk kriteria meja kantor yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dari permukaan meja hingga lantai tidak harus semuanya tertutup, bagian bawahnya harus mempunyai area terbuka yang mampu memberikan sirkulasi udara yang baik.
  • Permukaan meja tidak terlalu licin sehingga tidak menyulitkan peletakan barang – barang yang ada diatasnya.
  • Luas permukaan meja tidak terlalu berlebihan sehingga hanya barang atau peralatan yang penting – penting saja yang ada dimeja tersebut terutama yang berhubungan dengan pekerjaan.

Dari jenisnya meja kantor dapat dibagi menjadi beberapa jenis antara lain :

Meja Satu Biro

Jenis - Jenis Meja PerkantoranMeja ini memounyai ukuran mulai dari 150 CM atau lebih besar lagi yang memiliki satu atau dua laci gantung dibagian bawah permukaan mejanya, biasanya meja ini digunakan untuk meja kantor direktur.

Meja setengah Biro

Meja ini merupakan meja dengan ukuran menengah biasanya mempunyai panjang 96.5 cm, lebar 71 cm, pada umumnya meja jenis ini tidak menggunakan laci gantung atau laci dorong pada bagian bawahnya dan pada penggunaannya sering digunakan pada posisi kepala  bagian atau supervisor.

Meja Khusus

Meja yang diciptakan khusus untuk bagian khusus tertentu pula yang ada diperusahaan misalkan meja gambar khusus arsitek, insinyur dan desainer yang bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan si pengguna itu sendiri.

Meja Rapat

Jenis - Jenis Meja PerkantoranSeperti namanya meja ini digunakan sebagai media rapat dua orang atau lebih, meja ini dirancang untuk mengakomodasi sejumlah orang yang berkumpul bersama untuk saling mengeluarkan ide dan pendapatnya masing – masing untuk menghasilkan sebuah keputusan yang akan disepakati bersama, bentuk dan ukuran meja ini biasanya beragam namun desain yang sering digunakan adalah bulat atau oval ataupun kotak, karena dengan bentuk seperti itu maka setiap peserta yang ada akan mampu menjalin komunikasi yang baik dengan peserta lainnya pula.

Sebagai salah satu peralatan perkantoran yang wajib ada disebuah perkantoran, maka meja yang ada sekarang mempunyai banyak sekali varian jenis dan ukuran kita tinggal menyesuaikan kebutuhan meja dengan ruang yang kita punya dan menyesuaikan bentuk dan warna yang pas dengan desain ruang kita maka kita akan bisa menggabungkan antara fungsi dan desain yang saling melengkapi.

semoga bermanfaat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *