Klasifikasi Keamanan Dokumen Dengan Konsep CIA

Klasifikasi Keamanan Dokumen Dengan Konsep CIAKlasifikasi Keamanan Dokumen Dengan Konsep CIA-Sebuah pengelolaan dokumen dalam sebuah organisasi mempunyai sirkulasi informasi yang sangat tinggi memerlukan perhatian yang sangat insentif. dalam hal ini pengelolaan yang ada harus bisa memenuhi semua kebutuhan user sekaligus juga memiliki aspek pengamanan yang tinggi, oleh karena itu terdapat 3 klasifikasi dalam sebuah dokumen yang menjelaskan seberapa penting sebuah dokumen dan bagaimana cara menanganinya, Dokumen berklasifikasi merupakan dokumen yang bersifat rahasia yang dikelompokan berdasarkan pertimbangan tertentu yang menyangkut isi dari dokumen itu sendiri, Klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Sangat Rahasia, merupakan sebuah klasifikasi untuk dokumen yang hanya bisa diakses oleh mereka yang memiliki tanggung jawab besar (Petinggi level atas), petinggi atau pejabat yang mempunyai hak untuk mengirim berita dalam klasifikasi ini terbatas jumlahnya dan penggunaan system sandi yang telah dienkripsi juga kadang digunakan, karena kebocoran terhadap dokumen ini memiliki dampak negative yang sangat tinggi terhadap keberlangsungan sebuah organisasi.
  2. Rahasia, Dokumen jenis ini hanya setingkat dibawah dokumen sangat rahasia, akan tetapi tingkat urgenitasnya masih dapat diantisipasi, karena untuk antisipasi kebocoran informasi organanisasi dapat dengan baik menetralisir dampak negatifnya akibat penyebaran informasi di luar katagori.
  3. Terbatas, dokumen jenis ini hanya bisa diakses oleh kalangan terbatas dan diluar dari kalangan terbatas tersebut tidak bisa mengakses informasi, meskipun informasi yang terkandung didalamnya tidak bisa merugikan kepentingan organisasi itu sendiri. akan tetapi dokumen jenis ini lebih baik hanya diketahui oleh pihak – pihak tertentu saja.
Klasifikasi Keamanan Dokumen Dengan Konsep CIA

Klasifikasi Keamanan Dokumen Dengan Konsep CIADalam mengamankan sesuatu tentunya diperlukan beberapa aspek yang harus diperhatikan seperti apa yang harus diamankan, seberapa pentingnya sesuatu tersebut sehingga harus diamankan sampai efek apa yang akan ditimbulkan jika keamanan tersebut bocor, jadi dapat disimpulkan bahwa keamanan informasi merupakan upaya perlindungan dari berbagai macam ancaman untuk memastikan keberlangsungan bisnis, meminimalisisr resiko dan meningkatkan peluang. Perlindungan dalam sebuah informasi meliputi apa yang dikenal dengan CIA Triangel (Confidentiality, Integrity, Availabelity) :

  • Confidentiality, merupakan aspek yang berhubungan dengan data yang diberikan kepihak lain untuk keperluan tertentu dan hanya diperbolehkan untuk keperluan tertentu tersebut, misalnya data – data yang bersifat pribadi seperti : Nama, tanggal lahir, agama, nomor pin dan lain sebagainya yang bersifat informasi individual.
  • Integrity, merupakan perlindungan ketelitian dan keutuhan informasi, dalam konsep ini menjelaskan bahwa :
  1. Modifikasi – modifikasi tidak dilakukan terhadap data oleh personel atau proses yang tidak sah.
  2. Modifikasi – modifikasi yang tidak sah tidak dilakukan terhadap data oleh personnel atau proses yang tidak sah.
  3. Data bersifat konsisten baik secara internal maupun eksternal, dengan kata lain bahwa informasi bersifat konsisten dan tidak berpengaruh terhadap situasi internal maupun eksternal.
  • Availability dari informasi adalah meyakinkan bahwa pihak yang mempunyai otoritas mempunyai akses terhadap informasi ketika informasi tersebut dibutuhkan.

Dari penjelasan diatas Klasifikasi Keamanan Dokumen Dengan Konsep CIA merupakan salah satu bentuk perlindungan dokumen dimana dokumen tersebut diberlakukan sebuah system yang mengatur cara bagaimana dokumen tersebut diberlakukan dalam hal pengelolaan juga akses, hal ini diberlakukan mengingat nilai informasi sebuah dokumen yang berbeda – beda sehingga dalam hal penggunaannya juga dibelakukan hal yang berbeda.

Semoga bermanfaat…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.