Manfaat Penggunaan Dokumen Elektronik di Era pandemi

Manfaat Penggunaan Dokumen Elektronik di Era pandemiManfaat Penggunaan Dokumen Elektronik di Era pandemi-Saat ini dunia sedang menghadapi pandemi COVID-19  yang sedang mewabah di hapir seluruh bagian dunia, dampak negatif yang dihasilkan merambah pada berbagai sektor, baik sosial, ekonomi dan lain sebagainya. Saat ini trend Work From Home menjadi salah satu solusi dalam mengantisipasi pergerakan masa yang berkumpul dalam satu tempat, perkantoran sebagai salah satu pusat cluster penyebaran covid-19 ini menjadi salah satu tempat yang sangat beresiko penyebaran covid diarea ini, untuk itulah pemerintah pusat maupun daerah mengeluarkan kebijakan WFH ini bagi perkantoran yang berada dalam area bahaya penyebaran covid ini.

Manfaat Penggunaan Dokumen Elektronik di Era pandemi

Manfaat Penggunaan Dokumen Elektronik di Era pandemiWork From Home sendiri pada dasarnya adalah mengerjakan pekerjaan kantor dari rumah, dimana pada umumnya pekerjaan kantor membutuhkan dokumen pendukung untuk mengambil keputusan dalam sebuah proses kerja ataupun sebagai referensi informasi proses kerja, akan tetapi bagaimana penggunaan dokumen tersebut jika dokumen tersebut berada dikantor ?. terutama pada dokumen fisik, maka WFH tersebut akan sangat sulit berjalan dengan maksimal, oleh karena itu salah satu solusi dalam memanfaatkan dokumen pada saat WFH adalah menggunkaan dokumen elektronik.

Dokumen elektronik merupakan dokumen dalam bentuk data atau elektronik, dimana proses penciptaan dokumen ini berasal dari proses alih media dokumen fisik ke dokumen digital ataupun kelahiran alami dari perangkat elektronik yang digunakan seperti E-Form, E-Document Dan lain-lain.

Manfaat Penggunaan Dokumen Elektronik di Era pandemiPada dasarnya penyimpanan dokumen elektronik ini biasanya tersimpan dalam sebuah database ataupun cloud dan untuk mengakses data dalam sebuah penyimpanan elektronik itu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, poin inilah yang menjadi keunggulan dari pengelolaan dokumen elektronik yaitu akses tak terbatas dari data yang tersimpan. Dengan penggunaan dokumen elektronik ini maka hal yang menjadi permasalahan umum yaitu adalah akses dokumen yang terbatas pada saat WFH ini bisa teratasi dengan mudah. dimana para karyawan bisa menggunakan dokumen kerja dimana saja dan kapan saja khususnya pada saat bekerja dirumah.

Dalam hal keamanan juga sesungguhnya pengelolaan dokumen digital ini sudah sangat baik, dengan penggunaan akses yang diberikan dengan berbagai tingkatan mampu meminimalisir penyalahgunaan dokumen oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.\

Terima kasih….

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *