Manfaat Penggunaan Mobile Shelving

Manfaat Penggunaan Mobile ShelvingManfaat Penggunaan Mobile Shelving-Mobile Shelving atau yang biasa dikenal dengan lemari arsip geser merupakan salah satu instrumen dalam sistem pengelolaan dokumen, dimana lemari ini merupakan tempat untuk menyimpan berbagai jenis dokumen yang ada. disamping itu penggunaan lemari ini juga menjamin tersimpannya semua data-data dengan rapih dan aman.
Salah satu alasan mengapa lemari ini sangat diminati adalah tingkat kepraktisannya, lemari arsip geser ini bisa di bongkar dan dipasang kembali diruang yang lain sesuai kebutuhan, tidak seperti alat penyimpanan lain yang cenderung sulit untuk dipindahkan dan juga ruang penyimpanan yang sangat banyak membuat efisiensi ruang penyimpanan menjadi maksimal, karena setiap mobile shelving terdiri dari banyak ruang kecil yang digunakan untuk menyimpanan dokumen atau arsip penting.

Manfaat Penggunaan Mobile Shelving

Manfaat Penggunaan Mobile ShelvingTidak seperti lemari penyimpanan pada umumnya lemari arsip geser ini mempunyai akses terbatas pada setiap prosesnya, jadi dalam satu unit mobile shelving ini kita bisa membuka dan menutup akses penggunaan sesuai dengan kebutuhan, karena bentuknya yang berjajar jadi dalam setiap penggunaan hanya satu akses yang bisa digunakan sedangkan lemari lainnya saling menutup (berdempetan) untuk melindungi dokumen lainnya.
Sistem yang biasa digunakan pada lemari jenis ini ada tiga macam yaitu manual, mekanik dan elektrik dimana perbedaan dari ketiga jenis tersebut diatas hanya pada cara menggeser susunan lemari penyimpanan, pada system manual untuk menggesel lemari menggunakan 100 persen tenaga manusia sedangkan pada system mekanik ada system penggerak yang menggunakan setir yang diputar untuk menggerakan lemari tersebut, dan pada lemari arsip elektrik anda cukup menekan tombol pengerak maka secara otomatis lemari akan bergeser sesuai dengan keinginan anda.
Sebenarnya dari beberapa Manfaat Penggunaan Mobile Shelving diatas ada beberapa aspek yang sangat menonjol dari penggunaan lemari arsip jenis ini antara lain :

  • Keamanan, penggunaan lemari ini meningkatkan perlindungan dokumen yang tersimpan dari berbagai ancaman, dengan sistem penguncian terpadu kita bisa mengatur akses yang terbuka bagi umum ataupun akses yang hanya bisa digunakan oleh beberapa orang saja.
  • Kapasitas ruang penyimpanan yang cukup luas, dibanding dengan lemari penyimpanan jenis yang lain lemari arsip sistem geser ini mempunyai lebih banyak ruang penyimpanan yang cukup luas.
  • Efisiensi ruang, dengan bentuknya yang merupakan jajaran lemari yang berdekatan membuat efisiensi ruangan anda menjadi lebih baik dan tampak rapih.
  • Efisiensi waktu, bisa dibayangkan jika penggunaan lemari arsip yang cukup banyak dan berada dilokasi yang berbeda maka pada saat pengaksesannya kita akan cukup banyak membuang waktu akibat berpindah dari satu lokasi lemari ke lokasi lemari lainnya, dengan penggunaan mobile shelving ini maka kita bisa menyimpan banyak jenis dokumen didalam satu unit mobile shelving ini yang berada didalam satu lokasi.
  • Efisiensi biaya, dibanding dengan membeli banyak lemari untuk menyimpan berbagai jenis dokumen maka penggunaan lemari arsip jenis ini bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut, dimana dalam satu unit mobile shelving kita bisa menyimpan banyak dokumen dari berbagai jenis, kita hanya cukup mengalokasikan ruang yang ada dalam setiap rak yang berbeda untuk masing-masing jenis dokumen.

Pada akhirnya memang penggunaan semua jenis lemari arsip harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi itu sendiri, dengan memperhatikan jumlah dan pertumbuhan dokumen yang ada selama ini maka kita harus mempersiapkan pengelolaan dokumen yang optimal agar kedepannya kita bisa meningkatkan pelayanan dalam pengelolaan arsip atau dokumen dalam suatu perusahaan, karena mau tidak mau arsip atau dokumen merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam menunjang berjalannya roda organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.