Memilih Lemari Arsip Yang Baik dan Berkualitas

Memilih Lemari Arsip Yang Baik dan Berkualitas-Sebuah lemari arsip merupakan salah satu hal yang sangat penting pada proses penyimpanan dokumen fisik, selain untuk membantu agar dokumen yang tersimpan tertata dengan baik, lemari arsip juga mampu melindungi dokumen dari berbagai ancaman yang menyebabkan dokumen atau arsip menjadi rusak ataupun hilang dan lain sebagainya.

Memilih Lemari Arsip Yang Baik dan Berkualitas

Untuk kegunaan tersebutlah lemari arsip harus memiliki beberapa keutamaan dibanding lemari pada umumnya, antara lain :Memilih Lemari Arsip Yang Baik dan Berkualitas

  • Daya tahan lemari, dalam hal ini terkait dengan bahan dasar yang digunakan untuk membuat lemari arsip tersebut, lemari arsip yang terbuat dari kayu memang terlihat sedikit lebih elegan dan berseni tetapi dari daya tahan akan sangat berbeda jauh dengan lemari arsip yang tebuat dari bahan metal ataupun baja. bahan dasar kayu lebih rentan terkena serangan rayap ataupun terbakar, akan tetapi bahan dasar baja akan tahan terhadap serangan rayap atau bahkan api sekalipun.
  • Keamanan, Lemari arsip yang baik selain harus memiliki daya tahan yang baik juga harus memiliki tingkat keamanan yang baik, dalam hal ini proses keamanan yang dimaksud yaitu perlindungan terhadap kegiatan penyalah gunaan dokumen dan pencurian. Oleh sebab itu lemari arsip yang baik harus memiliki proteksi terhadap kegiatan negatife tersebut dengan memiliki tingkat keamanan yang baik, baik dari segi penempatannya maupun segi pengamanan lemari itu sendiri (Kunci atau alarm).
  • Ruang yang efisien, tentunya pada lemari arsip bidang penyimpanan juga hal yang harus diperhatikan, bagaimana desain efisiensi untuk penyimpanan dokumen dalam lemari arsip haruslah sesuai dengan kaidah-kaidah penyimpanan dokumen yang baik, seperti kelembapan Udara, proteksi sinar ultraviolet, sirkulasi Udara dan lain sebagainya.
  • Bentuk yang kokoh dan elegan, Karena lemari arsip juga merupakan bagian dari interior, maka bentuk yang terlihat dari tapilan lemari arsip ini juga mampu menyatu dengan dekorasi pada ruangan penyimpanan itu sendiri, Kokoh menampilkan kesan kekuatan perlindungan yang diberikan oleh lemari arsip tersebut sehingga memberikan kemanan pada dokumen yang tersimpan didalamnya. Sedangkan elegan mampu menyatu dengan dekorasi pada ruangan penyimpanan.

Bahan Metal Vs Kayu

Kayu

Secara umum kayu merupakan suatu bahan kontruksi yang didapatkan dari tumbuhan dalam alam. kayu merupakan bagian keras tanaman yang digolongkan kepada pohon dan semak belukar. Sebagai bahan konstruksi pertama, kayu sudah digunakan sejak dahulu kala ini mempunyai kekuatan yang tinggi dan berat yang rendah, mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap pengaruh kimia dan listrik dan juga proses pengerjaan yang relatif lebih cepat dari bahan lainnya.

Kelemahan 

  • Sifat kurang homogen dengan cacat alam seperti bentuk arah serat.
  • Beberapa kayu bersifat kurang tahan lama dalam keadaan tertentu.
  • Rentan terhadap serangan serangga penggangu seperti rayap dan lain-lain.
  • Daya tahan beban yang berkurang seiring dengan waktu.
  • Mudah terbakar.
  • Mudah menyerap air

Metal

Metal merupakan unsur kimia yang mempunyai sifat sifat yang kuat, liat, keras, penghantar listrik dan panas, dan mempunyai titik cair yang tinggi. selain itu metal juga merupakan bahan yang dapat ditempa, magnetis, dan dapat dicampur secara homogen dengan berbagai kadar. Beberapa kelebihan penggunaan material ini adalah :

  • Daya Tahan yang sangat tinggi.
  • Tahan terhadap serangan serangga (Rayap).
  • Bisa didaur ulang.
  • Hampir tidak memiliki nilai susut dan nilai muai.

Sebaliknya bahan material ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti berikut ini :

  • Bisa berkarat akibat pengaruh waktu dan cuaca.
  • Lemah terhadap gaya tekan.
  • Tidak fleksibel seperti kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profile.
  • Proses kerumitan pengerjaan instalasi.

Kesimpulan

Memilih Lemari Arsip Yang Baik dan BerkualitasPada akhirnya penggunaan bahan untuk lemari arsip ini tergantung kepada tujuan dan jangka waktu penyimpanan arsip itu sendiri. Jika memang menginginkan bahan yang kuat, tahan lama dan statis maka penggunaan bahan dari metal merupakan pilihan yang sangat tepat untuk lemari arsip yang anda inginkan.

Akan tetapi jika kita lebih mengedepankan dari sudut pandang estetika dan jangka waktu pemakaian yang tidak terlalu lama, maka lemari arsip berbahan kayu merupakan salah satu alternatif yang bisa anda pertimbangkan. atau bahkan dengan memilih bahan kayu yang mempunyai kualitas yang lebih tinggi bukan tidak mungkin akan menjadi peningkatan untuk jangka waktu penggunaan lemari arsip itu sendiri.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.