Mengenal Cubicle Workstasion Perkantoran

Mengenal Cubicle Workstasion PerkantoranMengenal Cubicle Workstasion Perkantoran-Saat ini untuk perusahaan yang mempunyai banyak karyawan pada divisi Back Office hampir rata-rata menggunakan Cubicle Workstation sebagai peralatan penunjang pekerjaannya, apa itu Cubicle Workstation ?, Cubicle Workstation merupakan meja kerja yang berjumlah lebih dari satu yang terpisah oleh sekat – sekat . Ruang kerja antara karyawan dengan karyawan lain dipisahkan oleh partisi. Untuk partisi yang memisahkan ruang karyawan biasanya memiliki tinggi yang beragam yang bertujuan untuk mengisolasi karyawan dari suara, pemandangan yang dapat mengganggu konsentrasi karyawan diruang terbuka dan juga mampu memberikan privasi pada karyawan yang sedang bekerja dengan baik tanpa harus mengisolasi diri.

Mengenal Cubicle Workstasion Perkantoran

Mengenal Cubicle Workstasion PerkantoranStudi dan praktek di lapangan mengatakan bahwa orang akan lebih produktif di daerah mereka dan mendapatkan lebih banyak privasi. Konsep dasar dari sistem cubical adalah “back-up “, yang merupakan ruang vertikal dari dua atau tiga sisi yang didefinisikan sebagai wilayah mereka dan memberikan privasi tanpa menghambat kemampuan untuk melihat atau berpartisipasi dalam kegiatan atau bersosialisasi di sekitarnya. Ruang kantor menggunakan sistem cubical yang kompatibel dengan era saat ini.

Istilah Cubicle workstation ini ditemukan sekitar tahun 1960 di USA, dimana pada saat itu Herman Miller seorang Desaigner Furniture yang berasal dari Michigan melakukan studi mengenai cara bekerja para karyawan di perkantoran, bagaimana informasi perjalanan dan tataletak mempengaruhi kinerja pekerja itu sendiri. Dari hasil studi tersebut menyimpulkan bahwa tata letak kantor telah berubah secara subtansial, meskipun tata letak dasar kantor masih tidak berubah, yaitu karyawan duduk dibelakang deretan meja kerja tradisional di dalam satu ruangan yang sama tanpa privasi dan disimpulkan bahwa lingkungan yang terbuka akan menghambat inisiatif pribadi.

Mengenal Cubicle Workstasion PerkantoranHasil studi tersebut juga menyimpulkan bahwa orang akan lebih produktif pada daerah atau wilayah mereka sendiri dan mendapat personalisasi , akan tetapi juga dengan tidak meninggalkan pemandangan diluar wilayah mereka sendiri, dengan konsep tersebut akhirnya lahirlah metode Cubicle Workstation yang mampu mendefinisikan wilayah atau ruang kerja mereka secara personal dan mampu memberikan space kepada rekan kerja yang lain tanpa mereka harus masuk kedalam teritorial pribadi secara mendalam.

Maka tak heran disaat ini penggunaan Cubicle Workstation menjadi metode ruang kerja yang sangat banyak digunakan oleh sebagian besar perusahaan, apalagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan yang bekerja pada divisi Back Office penggunaan Cubicle Workstation ini akan menghemat banyak ruang dan biaya serta dapat meningkatkan efisiensi kerja para karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.