Metode Perlindungan Arsip Vital

Metode Perlindungan Arsip Vital merupakan salah satu upaya dalam melindungi dan memulihkan arsip dari kerusakana akibat bencana alam, dimana ada dua langkah yang digunakan yaitu :

  1. Perlindungan / proteksi.

Metode Perlindungan Arsip VitalKegiatan Perlindungan Arsip Vital ini memang memerlukan upaya dan biaya yang lebih, akan tetapi manfaat dari kegiatan ini sangatlah banyak, dengan adanya kegiatan ini maka kita bisa mencegah kerusakan maksimal akibat dampak dari bencana alam, dengan adanya Metode Perlindungan Arsip Vital maka kita dapat dengan baik meminimalisir kerusakan arsip yang menyebabkan arsip tidak bisa lagi diakses informasinya.

Pada dasarnya metode perlindungan ini adalaah upaya bagaimana kita bisa melindungi arsip dari berbagai ancaman salah satunya dari serangan bencana alam, upaya pencegahan yang dilakukan ini diharapkan bisa melindungi arsip dari kerusakan atau seminimal mungkin meminimalisir kerusakan yang terjadi, sehingga arsip – arsip yang ada masih bisa digunakan dan diakses informasi yang ada didalamnya.

Metode duplikasi merupakan salah satu metode yang sering digunakan untuk perlindungan arsip, karena metode ini sangat mudah dilakukan hanya dengan menyalin atau menduplikasi arsip itu sendiri maka kita akan mempunyai cadangan informasi.

Metode dipersial, metode ini merupakan metode yang menggunakan pemencaran lokasi penyimpanan terhadap duplikasi arsip ataupun metode tradisional yaitu menggunakan media penyimpanan yang tahan dari berbagai jenis serangan bencana alam seperti lemari tahan api ataupun lainnya.

2. Pemulihan / Recovery

Metode Perlindungan Arsip VitalProses ini adalah proses lanjutan dari proses pertama dimana proses recovery ini dilakukan apabila arsip telah mengalami kerusakan, langkah – langkah yang dilakukan adalah kegiatan yang dilakukan untuk merestorasi kerusakan yang telah terjadi. Bentuk – bentuk pemulihan arsip ada empat metode, antara lain :

  1. Vacuum Freeze Drying, dimana pada proses ini arsip – arsip dalam bentuk fisik atau lembaran kertas dibekukan dalam ruang hampa dan dikeringkan lagi dalam ruang yang bersuhu tinggi.
  2. Vacuum Drying, metode ini melakukan proses pengeringan arsip dalam lembaran kertas yang basah hanya diletakan didalam sebuah ruangan, jadi proses pengeringannya akan berjalan secara alami.
  3. Freezing, dimana lemabaran arsip mengalami pembekuan dibawah titik beku untuk mematikan jamur.
  4. Air Drying, sebuah proses pengeringan dengan Udara dengan merekayasa suhu dan kelembabab Udara disekitar lokasi.

Akan tetapi ada serangan bencana yang agak sulit dilakukan proses pemulihan ini seperti bencana kebakaran, pada bencana jenis ini umumnya lembaran arsip yang ada akan sulit meninggalkan jejak sehingga yang tersisa hanya serpihan abu yang tidak mungkin lagi direcovery, oleh karena itu langkah pertama yaitu perlindungan memegang peranan penting dalam Metode Perlindungan Arsip Vital, karena dengan adanya perlindungan backup ataupun duplikasi data maka kita tidak akan khawatir apabila data utama hilang ataupun rusak parah.

Semoga bermanfaat….

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.