Pengelolaan Dokumen Rekam Medis Rumah Sakit

Pengelolaan Dokumen Rekam MedisPengelolaan Dokumen Rekam Medis Rumah Sakit-Dokumen rekam medis merupakan sebuah dokumen yang pasti ada dalam sebuah organisasi kesehatan khususnya yang melayani pasien-pasien seperti Rumah Sakit dan sejenisnya, menurut pengertiannya Rekam Medis merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen mengenai informasi pasien yaitu, identitas, pemeriksaan, pengobatan, tindakan serta pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien.

Tujuan dari adanya rekam medis ini adalah untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit dalam tertib administrasi sebagai alur penyedia penampung dan penyedia informasi mengenai pasien yang terdaftar dalam sebuah instansi kesehatan. Dalam Rekam Medis dikenal aspek ALFRED yaitu :

Administrasi

Semua dokumen rekam medis memiliki nilai admisintrasi karena didalam dokumen rekam medis tersebut menyangkut mengenai pelaksanaan pengelolaan sumber daya dan tanggung jawab sebagai tenaga medis untuk mencapai tujuan organisasi.

Legal

Dokumemn RM sudah pasti memiliki nilai hukum yang kuat sehingga bisa digunakan dalam sebuah persidangan sebagai sebuah alat bukti yang sah. Hal ini terkait dengan isi dari dokumen RM tersebut yang menjamin kepastian yang terkait dengan pelayanan pasien.

Financial

Sebagai sebuah pelayanan yang berjenjang dokumen rekam medis menyimpan semua pengobatan apa saja yang telah dilkaukan pada seorang pasien dan berapa banyak konsumsi obat tersebut serta tindakan-tindakan yang telah dilakukan oleh pihak RS, oleh karena itu dokumen rekam medis bisa juga digunakan sebagai referensi informasi yang terkait dengan aspek financial.

Research

Karena hampir sebagian besar informasi yang terdapat dalam sebuah dokumen rekam medis menyangkut informasi mengenai riwayat pengobatan maka dokumen rekam medis sendiri bisa digunakan sebagai rujukan ataupun penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan.

Education

Data yang ada dalam sebuah dokumen rekam medis bisa digunakan sebagai bahan referensi bahan pengajaran dibudang pendidikan kesehatan, hakl ini terkait dengan data yang ada dalam dokumen rekam medis itu sendiri yang memuat informasi kronologis dan kegiatan pelayanan medis yang telah dilakukan oleh sebuah organisasi kesehatan.

Documentation

Sebagai salah satu aspek pertanggung jawaban rumah sakit sebuah dokumen rekam medis bisa diposisikan sebagai alat dokumentasi pelayanan rumah sakit, dimana dokumen rekam medis ini merekam semua kegiatan dari pelayanan pihak rumah sakit kepada seorang pasien, sehingga jika dikemudian hari ditemukan masalah maka dokumen rekam medis ini bisa dijadikan rujukan untuk memverifikasi beberapa hal yang telah dilakukan.

Pengelolaan Dokumen Rekam Medis

Pengelolaan Dokumen Rekam MedisPengelolaan Dokumen Rekam Medis Rumah Sakit-Dalam sebuah pengelolaan dokumen rekam medis terdapat beberap unit yang mempunyai tugas dan kewajiban masing-masing dalam memastian dokumen rekam medis ini telah sesuai dengan standar yang ditetapkan sebelumnya , unti-unit tersebut antara lain :

  1. Asembeling, bertugas untuk memastikan kelengkapan dokumen rekam medis yang telah tercipta, semua dokumen rekam medis baik dari unit rawat jalan, unit gawat darurat, unit rawat inap, serta instalasi pemeriksaan penunjang dikirim ke unit Asembling untuk diperiksa kelengkapannnya, apabila ditemukan data yang belum lengkap maka dokumen tersebut akan dikembalikan ke unit yang bertanggung jawab untuk dilengkapi kekurangannya.
  2. Coding, unit ini bertugas untuk memberikan kode-kode tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya seperti kombinasi huruf dan angka yang mampu mewakili unit-unit yang ada di dalam rumah sakit itu sendiri sehingga dalam pencarian dokumen rekam medis ini bisa dilakukan menggunakan kode-kode tersebut yang akan memberikan kemudahan dan kecepatan pada saat pencarian kembali dokumen rekam medis tersebut.
  3. Indeks, yaitu membuat tabulasi sesuai dengan kode-kode yang telah ditetapkan sebelumnya dengan menggunakan kartu manual ataupun sistem komputer.
  4. Filing, yaitu sebuah unit yang bertanggung jawab pada penyimpanan dan pemusnahan dokumen rekam medis, tidak hanya sekedar penyimpan dan memusnahkan, filing juga bertangung jawab pada penyedian informasi yang valid dan cepat dari semua dokumen yang tersimpan dalam unit ini.
  5. Analis dan Reporting, unit ini berfungsi untuk menganalisis semua data rekam medis yang masuk kedalam unit rekam medis untuk diolah menjadi sebuah informasi yang disajikan dalam laporan  kepada manajemen untuk mengambil keputusan  dalam pengelolaan rumah sakit tersebut. data- data tersebut biasanya tersajikan dalam data sebagai berikut :
  • Data dasar rumah sakit.
  • Data ketenagaan.
  • Data kegiatan pelayanan.
  • Data morbiditas/mortalitas.
  • Data bulanan berisi data kunjungan berserta data 10 besar penyakit.

Dimana data – data tersebut memiliki cabang permasing masing informasi tersendiri.

Terima Kasih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *