Pengelolaan Dokumen Rekam Medis

Definisi Rekam Medis

Pengelolaan Dokumen Rekam MedisRekam medis merupakan salah satu divisi didalam sebuah instansi kesehatan yang mengelola dokumentasi catatan medis dan riwayat seorang pasien dalam sebuah instansi kesehatan, menurut peraturan menteri Kesehatan Replubik Indonesia Nomor 269 / Menkes / Per /2008 mengenai rekam medis dalam pasal 1 disebutkan bahwa : Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan,tindakan, dan pelayanan lain yang telah di berikan kepada pasien.

Jadi seperti uraian diatasmaka dapat disimpulkan bahwa kegiatan rekam medis bertujuan sebagai penunjang tercapainya ketertiban administrasi dalam rangka meningkatkan pelayanan didalam sebuah organisasi kesehatan.

Aspek – Aspek didalam pengelolaan Rekam Medis

Pengelolaan Dokumen Rekam Medis

Didalam sebuah pengelolaan dokumen rekam medis terdapat beberapa aspek yang biasa dikenal dengan “ALFRED” yang gambarannya tertuang seperti dibawah ini :

  • Administrasion Aspek, Merupakan nilai administrasi dari sebuah dokumen rekam medis yang isinya menyangkut mengenai pelaksanaan pengelolaan sumber daya dan tanggung jawab tenaga medis daam mencapai tujuan organisasi.
  • Legal Aspek, Aspek ini terkait dengan nilai hukum dari sebuah dokumen rekam medis yang bisa digunakan sebagai alat bukti hukum, karena sebagian besar isinya mengandung masalah adanya jaminan kepastian yang berkaitan dengan proses pelayanan pasien.
  • Financial Aspek, Hal ini terkait dengan dokumen rekam medis yang mengandung nilai informasi yang dapat digunakan sebagai proses keuangan sebuah aksi dan tindakan didalam sebuah organisasi kesehatan.
  • Research Aspek, merupaan sebuah nilai gunan sebuah dokumen rekam medis sebagai penelitian yang dapat. digunakan sebagai salah satu data da nformasi yang berguna untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dibidang kesehatan.
  • Education Aspek, terkait dengan dokuen rekam medis yang menyangkut data atau informasi tentang kronologis dan proses kegiatan pelayanan medis yang diberikan kepada pasien yang dapat digunakan sbeagai bahan referensi informasi dibidang kesehatan.
  • Documentation Aspek, aspek ini terkait dengan bagaimana sebuah dokumen rekam medis mampu mendokumentasikan¬† semua proses yang terjadi terkait dengan tindakan dan pelayanan yang dilakukan oleh pihak rumah sakit ataupun organisasi kesehatan kepada semua pasien yang ada.
Dari beberapa keterangan diatas dapat diasumsikan bahwa pengelolaan dokumen rekam medis merupakan hal yang sangat penting didalam sebuah organisasi pelayanan kesehatan atau rumah sakit, karena dokumen rekam medis tidak hanya mempunyai aspek record data sebuah proses pelayanan akan tetapi dokumen rekam medis mempunyai banyak aspek yang dapat menunjang performa pelayanan sebuah orgaisasi pelayanan kesehatan.
Semoga Bermanfaat……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *