Penyesuaian Penggunaan Arsip Dimasa New Normal

Penyesuaian Penggunaan Arsip Dimasa New Normal Saat ini dunia sedang menyesuaikan diri terhadap pola baru dalam bekerja, bersosialisasi dan semua kegiatan yang ada, dimana dimasa pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir, kita harus melakukan kegiatan produktif dengan menyesuaikan pada kondisi yang ada.

Begitu juga dengan kegiatan kearsipan dimana Penyesuaian Penggunaan Arsip Dimasa New Normal ini memang berjalan dengan arah yang sama dengan kemajuan pada pengelolaan kearsipan dimana dokumen elektronik menjadi solusi bagi pengelolaan dokumen dimasa mendatang maupun solusi untuk penggunaan arsip dimasa new normal ini.

Saat ini ditengan wabah pandemi Covid – 19, banyak orang yang mengurangi kontak dengan orang lainnya dimana pada umumnya social distancing, Work From Home menjadi tema yang sering kita dengar sehari -hari, bagaimana dengan penggunaan arsip dimasa pandemi ini ? dimana sebuah arsip fisik yang diakses oleh banyak orang dalam satu waktu memunculkan kekhawatiran yang cukup tinggi akan adanya kemungkinan penyebaran virus Covid melalui droplet yang tersisa didalam dokumen arsip itu sendiri.

Penyesuaian Penggunaan Arsip Dimasa New Normal

Penyesuaian Penggunaan Arsip Dimasa New Normal Seperti dijelaskan diatas salah satu solusi yang searah dengan perkembangan teknologi dimasa mendatang adalah penggunaan dokumen elektronik, dimana penggunaan dokumen elektronik ini bisa dilakukan dengan cepat dan tepat tanpa harus melakukan kontak fisik serta akses yang sangat fleksibel yang menjadikan dokumen elektronik ini akan menjadi bagian dari evolusi perkembangan teknologi kearsipan dimasa mendatang.

Sebagai gambaran pada saat ini banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan Work From Home bagi para pegawainya, dimana dalam hal ini pegawai yang memang  dalam pekerjaan kesehariannya bergelut dengan dokumen dan arsip akan sangat membutuhkan dokumen pula pada saat bekerja di rumah, lalu apakah solusi terbaik yang ada dengan memindahkan dokumen fisik tersebut kerumah para pegawai yang membutuhkannya, tentunya hal tersebut akan sulit dilakukan karena mengingat jumlah dokumen yang cukup banyak belum lagi kebutuhan akan informasi dalam sebuah dokumen bukan hanya terletak pada satu orang akan tetapi ada mata rantai dalam penggunaan sebuah dokumen perusahaan.

Oleh karena itu untuk mengatasi masalah diatas penggunaan pengelolaan dokumen secara elektronik merupakan solusi yang sangat tepat, dengan menggunakan pengelolaan dokumen secara elektronik maka semua pegawai yang sedang melakukan WFH akan mampu mengakses dokumen yang dibutuhkan dari rumah mereka masing – masing dengan cepat dan tepat.

Arah pengelolaan arsip dimasa mendatang

Penyesuaian Penggunaan Arsip Dimasa New Normal Di masa mendatang pengelolaan arsip fisik akan sepenuhnya berevolusi menjadi arsip elektronik, dengan kelebihan yang ada maka arsip elektronik akan mampu mengakomodasi semua kebutuhan akan pengelolaan arsip dan data, belum lagi konsep paperless yang sedang tren saat ini akan membawa dokumen elektronik menjadi lebih populer penggunaannya. Dunia memang terus berevolusi baik secara sosial, budaya dan teknologi, dari jaman dahulu dimana konsep tradisional masih digunakan hingga saat ini dimana konsep modern sedang berjalan hingga dimasa mendatang dimana konsep modern yang ada sekarang akan meningkat secara sigifikan mau tak mau kita harus mengikuti perkembangan tesebut jika tidak ingin tergerus oleh jaman.

Begitupun juga dengan dunia kearsipan dimana saat ini teknologi informasi yang berkembang secara cepat membuat mudahnya akses informasi yang ada membuat kita seakan berlari mengejar ketertinggalan kita dalam hal pemanfaatan teknologi informasi, bagaimana dengan anda dan perusahaan anda, sudahkan beralih ke dokumen elektronik dalam pengelolaannya ?, Sudahkah anda mempersiapkan pondasi masa depan untuk pengelolaan kearsipan anda ?, atau sudahkah anda mengupgrade SDM dan sistem pengelolaan kearsipan anda ?, jika belum maka segeralah anda membangun pengelolaan arsip anda dengan menghubungi salah satu konsultan untuk pengelolaan kearsipan terbaik di indonesia PT. Spectrum Fileforce, dimana PT. Spectrum Fileforce berdedikasi dalam pengelolaan arsip baik fisik maupun elektronik selama bertahun  Рtahun. Untuk informasi dan konsultasi gratis anda dapat menghubungi di nomor : 08111603535 atau bisa langsung memberikan komentar dibawah ini untuk bertanya mengenai informasi terkait.

Semoga bermanfaat…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.