Peralatan Pendukung Tata Kelola Adiministrasi Kantor Notaris

Tata Kelola Adiministrasi Kantor Notaris

Peralatan Pendukung Tata Kelola Adiministrasi Kantor Notaris – Notaris merupakan salah satu bidang profesi yang memberikan layanan jasa bagi masyarakat yang membutuhkan alat bukti yang bersifat otentik dan mempunyai pengakuan hukum yang kuat, tugas – tugas notaris antara lain sebagai berikut :

  • melakukan proses pembukuan surat – surat dibawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus (Waarmerking).
  • Melakukan proses duplikasi atau copy dari surat asli dibawah tangan berupa salinan yang berisi uraian yang ditulis dan digambarkan sebagaimana dalam surat yang bersangkutan.
  • Melakukan dan memberikan informasi hukum yang berhubungan dengan pembuatan akta.
  • Melakukan pemeriksaan kecocokan dokumen fotocopy dengan dokumen aslinya sebelum dilakukan pengesahan.
  • Melakukan pembuatan akta yang berhubungan dengan pertanahan.
  • Pembuatan akta riwayat pelelangan.
  • Memberikan koreksi atau membetulkan kesalahan tulis dan / atau kesalahan ketik yang terdapat pada minuta akta yang telah ditanda tangan, lalu memberikan Berita Acara serta memberikan catatan mengenai hal tersebut pada minuta akta asli yang menyebutkan tanggal dan Nomor Berita Acara pembetulan , dan salinan tersebut dikirimkan ke para pihak (Pasal UUJN).
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya yang berhubungan dengan legalisasi dokumen atau akta.

Pada dasarnya seorang notaris memiliki banyak sekali dokumen – dokumen yang dikelola, hampir sebagian proses kerja pada notaris ini menggunakan dokumen sebagai pendukung proses kerja ataupun dokumen yang berisi informasi – informasi hasil dari proses kerja itu sendiri, oleh karena itu keberhasilan seorang notaris tidak bisa diukur dari berapa banyaknya akta yang ia buat akan tetapi aspek kemampuan mengatur administrasi di kantornya juga merupakan sebuah tolak ukur yang penting.

Dalam hal ini makna administrasi harus di terjemahkan secara luas seperti kegiatan menulis daftar akta, daftar surat dibawah tangan yang telah disahkan, pembukuan daftar surat dibawah tangan, pengelolaan dokumen dan masih banyak lagi, dengan kata lain seorang notaris harus memiliki Peralatan Pendukung Tata Kelola Adiministrasi Kantor Notaris yang mampu menunjang performa pekerjaan notaris itu sendiri.

Peralatan Pendukung Tata kelola Adiministrasi Kantor Notaris

Peralatan Pendukung Tata Kelola Adiministrasi Kantor Notaris merupakan faktor yang sangat penting untuk penunjang proses kerja yang ada, bagaimana seorang notaris melakukan proses penyimpanan dan pengelolaan dokumen dengan baik,merupakan tolak ukur sebuah kantor notaris yang baik dan  terpercaya.

Pada dasarnya salah satu Peralatan Pendukung Tata kelola Adiministrasi Kantor Notaris yang paling sering digunakan adalah peralatan penyimpanan dokumen ataupun arsip yang dikelola oleh kantor notaris itu sendiri, sebuah kantor notaris yang sudah mempunyai jam terbang yang cukup banyak sudah pasti memiliki banyak sekali dokumen yang dikelola, hal itu terkait dengan pekerjaan seorang notaris yang banyak menggunakan dokumen atau arsip sebagai bagian dari proses pekerjaan.

Beberapa referensi lemari arsip yang sangat cocok digunakan sebagai media penyimpanan pada kantor notaris adalah sebagai berikut :

  • Peralatan Pendukung Tata Kelola Adiministrasi Kantor NotarisLemari arsip Handy – SAL, lemari penyimpanan arsip atau dokumen yang memiliki kelebihan kapasitas yang sangat luas, hal ini sesuai dengan kebutuhan lemari penyimpanan arsip pada sebuah kantor notaris yang tidak banyak memiliki ruang untuk sebuah lemari arsip namun membutuhkan sebuah lemari arsip yang standar dan memiliki kapasitas yang besar. Dengan metode lemari arsip mobile yaitu mampu bergerak secara vertikal maka akan banyak menghemat ruangan dan memberikan kapasitas yang maksimal sebagai sebuah media penyimpanan dokumen – dokumen yang dikelola. Selain itu penggunaan lemari arsip Handy SAL ini akam memberikan kesan yang sangat kokoh dan dinamis untuk arsitektur ruangan penyimpanan arsip anda.
  • Lemari arsip Maxi – SAL, Lemari ini sangat disarankan bagi Tata kelola Adiministrasi Kantor Notaris Peralatan Pendukung Tata Kelola Adiministrasi Kantor Notarisyang memiliki banyak sekali dokumen yang dikelola, selain kapasitas yang sangat besar lemari arsip ini juga sangat praktis dan mampu melindungi semua dokumen dengan baik, karena salah satu fungsi dari sebuah lemari arsip tidak hanya sekedar pada penyimpanan dokumen akan tetapi juga sebuah lemari arsip yang baik mampu melindungi dokumen atau arsip yang disimpannya dari berbagai serangan yang mampu merusak dokumen fisik atau arsip fisik tersebut, seperti suhu ruangan yang berlebihan, sinar matahari, ataupun hal lainnya yang menyebabkan ancaman bagi pelestarian dokumen yang tersimpan. Lemari arsip yang sangat kokoh ini didukung pula dengan metode penggunaan stir untuk menggerakan lemari arsip tersebut sehingga akan sangat bermanfaat untuk metode pengamanan, karena stir tersebut bisa dikunci dengan kata lain pihak yang tidak mempunyai akses tidak bisa membuka lemari arsip tersebut.
  • Peralatan Pendukung Tata Kelola Adiministrasi Kantor NotarisLemari arsip Extra – SAL, berbeda dari lemari arsip lainnya lemari arsip ini menggunakan metode pergesaran kesamping sehingga bisa memanfaatkan bidang sejajar pada dinding untuk meletakan lemari arsip jenis ini, sangat bermanfaat untuk penyimpanan dokumen – dokumen yang sering digunakan ataupun penyimpanan box arsip, karena aksesnya penggunaan yang sangat fleksibel dan efisien. lemari arsip jenis ini tidak membutuhkan dimensi ruang yang besar akan tetapi membutuhkan pajang dinding yang lebar sehingga ruang dimensi yang tersisa bisa digunakan untuk kebutuhan lain seperti meja dan kursi atau yang lainnya. penggunaan lemari arsip ini sangat cocok untuk ruangan kerja notaris yang memerlukan efisiensi dan kecepatan dalam pemanfaatan dokumen, karena bisa diletakan didalam ruangan kerja maka akan mengefisienkan jarak tempuh dalam pemanfaatan dokumen.
  • Lemari arsip Auto – SAL, lemari arsip ini hampir memiliki karakteristik yang sama dengan lemari Peralatan Pendukung Tata Kelola Adiministrasi Kantor Notarisarsip Maxi  SAL, hanya saja berbeda dari navigasi metode pergerakan lemari yang menggunakan teknologi pada proses penggunaan lemari arsip jenis ini, teknologi yang dimaksud adalah untuk menggeser lemari pada lemari arsip Auto  SAL ini kita cukup menekan tombol saja maka secara otomatis lemari akan bergeser dengan sendirinya tanpa membutuhkan bantuan tenaga manusia. Penggunaan fungsi auto ini kan memberikan perlindungan yang lebih kepada dokumen – dokumen yang disimpan dalam lemari jenis ini baik dari ancaman suhu ruangan yang berlebihan ataupun ancaman dari bencana alam seperti kebakaran tingkat rendah. Selain itu kapasitas penyimpanan yang juga sangat besar akan menunjang pengelolaan dokumen di kantor notaris anda akan terlihat sangat profesional dan modern, dan juga akan memaksimalkan pemanfaatan ruang penyimpanan yang lebih efektif dan efisien.
  • Lemari arsip Cupboard, lemari arsip jenis ini merupakan media penyimpanan dokumen yang tidak terlalu besar akan tetapi sangat penting keberadaannya bagi semua pengelolaan dokumen termasuk pada kantor notaris, penggunaannya sangat praktis dan efisien untuk menyimpanan dokumen – dokumen yang sedang dalam proses hingga dokumen sementara. Walaupun memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar akan tetapi keberadaan lemari arsip jenis ini seperti menjadi sebuah kewajiban dalam ruangan seorang notaris. Karena bentuknya yang tidak terlalu besar lemari ini sangat cocok digunakan didalam ruang kerja sehingga memudahkan notaris dalam penggunaan dokumen yang dibutuhkannya.
  • Lemari arsip Cabinet, lemari arsip jenis ini juga merupakan salah satu yang sangat populer dalam peralatan penunjang pengelolaan dokumen, dalam lemari arsip jenis ini kita bisa meletakan berbagai macam benda penunjang pekerjaan selain untuk menyimpan dokumen, memiliki karakteristik seperti lemari penyimpanan dokumen pada umumnya lemari arsip jenis ini juga sangat praktis penggunaannya dan juga mampu di letakan di berbagai sudut ruangan ataupun di relokasi posisi penempatannya dengan mudah. dengan harga yang relatif lebih terjangkau dari lemari arsip jenis lain, lemari arsip jenis ini juga mampu memberikan perlindungan yang baik bagi dokumen – dokumen yang tersimpan didalamnya.

Sesungguhnya masih banyak lagi Peralatan Pendukung Tata Kelola Adiministrasi Kantor Notaris yang akan dibahas disini akan tetapi pembahasan tersebut akan dilanjutkan pada artikel Peralatan Pendukung Tata Kelola Adiministrasi Kantor Notaris II, yang akan kami terbitkan nanti.

Untuk referensi mengenai produk – produk lemari arsip berkualitas tinggi anda dapat mengunjungi alamat website salah satu penyedia bermacam – macam lemari arsip terbaik di :http://www.spectrum-fileforce.com/  atau bisa langsung menghubungi di nomor telepon : 081-1160-3535 untuk informasi dan konsultasi.

Semoga Bermanfaat…..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.