Perubahan Pola Kerja di Masa Pandemi

Perubahan Pola Kerja di Masa Pandemi-Tidak terasa pandemi virus Corona-19 telah berjalan selama ebih dari dua tahun, kita merasakan banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi dalam berbagai aspek kehidupan, kemunduran dan keterpurukan ekonomi yang semakin terlihat jelas memberikan dampak yang sangat negatif terhadap kemajuan bangsa ini.

Sektor yang paling terkait dengan hal ini adalah sektor pekerja, dimana saat ini jumlah pekerja semakin berkurang bukan karena tidak adanya Sumber Daya Manusianya, akan tetapi justru karena tidak adanya lapangan pekerjaan yang cukup, banyak perusahaan-perusahaan yang tidak bisa memepertahankan eksistensi mereka akibat perubahan-perubahan yang terjadi. Pengurangan jumlah pekerja banyak terjadi, sementara setiap tahunnya jumlah para calon pekerja terus bertambah.

Perubahan Pola Kerja di Masa Pandemi

Secara langsung pandemi saat ini memberikan dampak perubahan yang sangat signifikan di sektor perkeja. Untuk mengatasi hal ini maka diperlukan beberapa inovasi yang mampu memberikan para pekerja beberapa faktor yang dibutuhkan pada saat ini seperti, perlindungan kesehatan dan lain sebagainya.

Perubahan pola kerja di masa pandemi ini memberikan ruang untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dalam setiap aspek pekerjaan, seperti meeting online, wawancaraonline, work from home dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi,

Akan tetapi penggunaan teknologi tidak semerta bisa dilakukan secara tepat dan langsung, karena sejatinya pemanfaatan teknologi memerlukan juga sumber daya manusia yang handal dan memahami secara tepat penggunaan teknologi tersebut. Dengan perubahan-perubahan yang terjadi mau tidak mau saat ini setiap pekerja harus bisa mengupgrade atau meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi, terutama teknologi-teknologi yang sering digunakan dimasa transformasi ini.

Hal ini terkait dengan efektifitas dan efisiensi kerja, sebagai contoh bisa kita ambil dari kegiatan kerja Work From Home yang akhir- akhir ini menjadi alternatif paling populer disaat sebuah daerah termasuk dalam zona merah atau tingkat penyebaran virus yang terlalu tinggi. Dalam hal ini setiap pekerja diwajibkan melakukan pekerjaan dan tanggung jawabnya kepada perusahaan secara mandiri dari rumah, hal ini tentunya memiliki banyak resiko dan kesulitan tertentu, dimana pada saat mengerjakan pekerjaan dikantor semua fasilitas peralatan kantor lengkap, kemudahan mengakses data jugadapat dilakukan secara cepat,

Bagaimana dengan WFH, dimana rumah yang memang dirancang untuk tempat tinggal tidak memiliki peralatan penunjang pekerjaan yang memadai, belum lagi akses data yang diperlukan jika data utama tersimpan dalam local server kantor tentunya para pekerja WFH akan kesulitan dalam mengakses data ini.

Dibalik semua ini pandemi memberikan kita pelajaran yag sangat baik , dimana biasanya didalam zona nyaman kita biasa bekerja dengan kemampuan standar saja, akan tetapi dimasa ini kita harus mampu bertransformasi dan mengikuti perkembangan teknologi secara cepat dan tepat sehingga mampu bersaing dengan sumber daya lainnya dalam sebah organisasi.

 

Semoga Bermanfaat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *