Tata Ruang Pada Perkantoran

Tata Ruang Pada PerkantoranTata Ruang Pada Perkantoran merupakan perencanaan dan pelaksanaan mengenai komposisi pada sebuah perkantoran dengan memperhatikan aspek kesesuaian antara office furniture dengan ruang kantor sehingga menghasilkan tata ruang yang nyaman, baik , leluasa untuk bergerak dan tentunya efisiensi kerja.

Jadi dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa tata ruang kantor merupakan penyusunan perlengkapan kantor pada ruang yang tersedia, dan juga menentukan berbagai kebutuhan ruang dan penggunaannya secara detail sehingga menghasilkan penggunaan ruang yang praktis dari berbagai faktor pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang seminimal mungkin.

Tata Ruang Pada Perkantoran

Tata Ruang Pada PerkantoranAda beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan penataan untuk perkantoran antara lain :

  1. Tata Ruang Pada Perkantoran harusnya menghasilkan proporsi susunan yang efisien dari jarak tempuh antar bagian atau dari meja kerja ke lemari arsip dan lainnya yang membuat pekerjaan semakin mudah dan cepat.
  2. Tata Ruang Pada Perkantoran harus menghasilkan penggunaan ruang yang efisien.
  3. Tata Ruang Pada Perkantoran juga menghasilkan kemudahan pengawasan terhadap sesuatu proses kerja agar bisa berjalan dengan baik.
  4. Tata Ruang Pada Perkantoran mampu menghasilkan identitas perusahaan yang telah dirumuskan sebelumnya atau menghasilkan ciri khas perusahaan sehingga dengan mudah memberi kesan yang positif dari rekanan atau pihak luar pada saat berkunjung keperusahaan kita.
  5. Tata RuangĀ  harus mampu memberikan ruang pada masa yang akan datang terkait dengan perubahan tata letak untuk penyegaran ataupun perluasan area kerja.
  6. Tata Ruang Perkantoran harus juga memperhitungkan jumlah orang yang menempati ruangan , fungsi ruang serta biaya yang dibutuhkan. sehingga dengan pengaturang tersebut maka akan terwujud suatu lingkungan ruangan yang mampu menunjang kinerja pekerjaan para karyawan dengan baik.
Asas dalam tata ruangTata Ruang Pada Perkantoran

Asas yang harus diperhatikan antara lain :

  1. Jarak terpendek, hendaknya dirancang jarang paling terdekat antar suatu unit fungsi dengan unit fungsi lainnya sehingga proses penyelesaian pekerjaan bisa dilakukan dengan singkat dan efektif. dalam hal ini misalkan penempatan peralatan penunjang pekerjaan dengan sumber daya manusia yang akan mengelolanya.
  2. Rangkaian kerja, merupakan kesinambungan dari asas jarak terpendek karena pada asas ini menempatkan pekerja dan peralatan kantor sejalan dengan rangkaian urutan penyelesaian suatu pekerjaan berdasarkan keefektifan jarak.
  3. Perubahan susunan ruang kerja, dimana pada asas ini proses perubahan yang akan di lakukan meliputi perubahan susunan, penambahan susunan sehingga mampu menciptakan suasana baru dikantor jika sudah bosan dengan susunan yang terlalu lama.
  4. Integrasi, merupakan hal yang sangat penting, oleh karena itu tata ruang yang baik harus mampu mengintegrasikan semua kegiatan yang ada didalam sebuah perusahaan dengan baik. sehingga mampu mencapai tujuan perusahaan secara bersama – sama dan seirama.
  5. Keamanan, merupakan hal yang tidak kalah penting dari hal lainnya, dengan suasana yang aman maka otomatis akan meningkatkan kepercayaan diri karyawan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Tata ruang kantor sendiri pada umumnya ada 4 jenis yaitu seperti dibawah ini :

  1. Tata ruang kantor bersekat (Cubicle type office), merupakan tata ruang perkantoran yang menggunakan sekat pemisah didalam setiap ruang kantor yang ada dan membuat ruang kerja lebih privacy sekaligus juga bisa memantau keadaan diruang / sekat lain.
  2. Tata ruang kantor terbuka (Open plan office), merupakan tata ruang kantor yang menggunakan ruang besar yang ditempati oleh beberapa karyawan untuk bekerja secara bersama – sama.
  3. Tata Ruang kantor berhias (Landscape Office), tata ruang ini menggunakan ruangan yang dihiasi oleh tanaman dan tumbuhan, dekorasi, virtual art dan lain sebagainya sehingga menbuat ruangna terlihat sangan menyenangkan dan menentramkan.
  4. Tata ruang kantor gabungan, tata ruang jenis ini menggunakan gabungan dari beberapa jenis tata ruang kantor sehingga mampu menimbuulkan kesan yang sangat banyak pada penggunaan kantor dengan tata letak jenis ini.

Dalam penggunaannya tata ruang sudah pasti harus memperhatikan peggunaan empat aspek yaitu : Cahaya, Warna, Udara, Suara sehingga mampu menghasilkan tata ruang yang nyaman dan membuat karyawan betah bekerja berlama-lama dikantor anda.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.